BAGAIMANA PEMIMPIN MENGINSPIRASI DUNIA

Saya terinsipirasi dengan Simon Snek saat menonton video TEDX. Dia menceritakan bagaimana pemimpin pemimpin dunia menginspirasi banyak orang.

Snek menceritakan kisah Apple, bagaimana perusahaan komputer tersebut maju lebih pesat dan inovatif dibandingkan perusahaan computer lainnya. Kita semua tahu Apple sama dengan perusahaan lainnya, mulai dari kesamaan pada akses, talent, agensi, konsultan, dan media. Tapi why, why, why Apple sangat berbeda dengan komputer komputer lainnya?

Kemudian cerita Martin Luther King yang memimpin pergerakan masyarakat sipil untuk melawan diskriminasi kulit hitam. Dia tidak satu satunya yang menjadi satu warga negara disana, tidak menjadi satu satunya the best orator, tapi kenapa harus dia, why?

Lalu ada wright brothers yang merancang pesawat terbang dan mendapat predikat “powered man flight”. Pada waktu yang sama ada kompetitor yang kualitasnya lebih bagus, keuangannya lebih stabil tetapi tidak mendapat predikat tersebut.

Beberapa tahun yang lalu Gateway meluncurkan produk tv flat tapi tidak ada yang membelinya. Lalu Dell meluncurkan MP3 players dan PDA (personal digital assistant)yang sangat berkualitas tinggi dan dengan design yang spekatakuler, tapi mengapa tidak ada yang membelinya? nah ada satu permainan disini.

Tiga setengah tahun lalu saya melakukan pencarian dan menemukan pattern dimana pemimpin pemimpin yang menginspirasi berpikir, bertindak, dan berkomunikasi dengan satu cara yang sama. Ini benar benar bertolak belakang dengan orang-orang.

Sinek menyebutnya sebagai Golden Circle, urutan dari dalam keluar- why, how, what. Hanya ada sedikit orang yang tahu mengapa mereka melakukan yang didepan mereka sekarang. Why disini dalam artian apa tujuanmu, apa sebabmu, apa yang kamu percayai, dan mengapa perusahaanmu exist disini?

Mayoritas orang berpikir dariluar kedalam- what, how, why. Tapi pemimpin menginspirasi mereka melakukannya secara sebaliknya, mulai dari- why, how, what.

Sistim kerja what, how, why
what: we make great computers
how: they’re beautifully designed, simple to use and user friendly, want to buy one?

Sistim kerja why, how, what
why: everything we do, we believe in challenging the status quo, we believe in thinking differently
how: the way we challenge the status quo is by making our products beautifully designed, simple to use, and user friendly.
what: we just happen to make great computers. Want to buy one?

source:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelopor Pendidikan Pertama Untuk Orang Islam di Tulehu, Ambon

(REVIEW BUKU) DONGKRAK OMZET MILYARAN DENGAN TIM PENJUALAN

Penanaman Nilai "Trust" Untuk Misi Perdamaian